Kesehatan

Cara Mencegah Kanker Kulit

By on June 26, 2018

Kanker merupakan penyakit berbahaya dan mematikan. Yang mana penyakit satu ini tidak hanya terdiri dari satu jenis melainkan ada banyak salah satunya adalah kanker kulit. Kanker kulit merupakan kanker yang terdapat pada pertumbuhan sel-sel kulit yang abnormal. Perlu Anda ketahui jenis kanker ini termasuk kanker berbahaya jadi harus hati-hati dengan kenker ini. Penyebab dari kanker ini diantaranya akibat sinar matahari. Kanker kulit biasanya akan menyerang orang di usia lanjut seperti 51 tahun ke atas tapi tidak menutup kemungkinan anak muda akan mengalami penyakit satu ini jika terlalu sering terkena sinar matahari. Gejala umum dari kanker kulit seperti rasa gatal disertai nyeri pada permukaan kulit, kulit mengalami perubahan warna di daerah tertentu, muncul bercak dan benjolan pada kulit. Adapun bagian-bagian yang sering kali menjadi sasaran dari penyakit ini adalah leher, wajah, dan tangan. Hal ini disebabkan bagian anggota tubuh ini menjadi tempat yang sering terkena sinar matahari. Jika kanker kulit ini terdapat dibagian wajah, pastinya akan membuat Anda menjadi tidak pede akan penampilan Anda. Mencegah merupakan salah satu solusi terbaik untuk membuat Anda terhindar dari penyakit berbahaya ini. Berikut ini, cara-cara untuk mencegah kanker kulit.

Menghindari paparan sinar matahari

Cara pertama untuk membuat Anda terhindar dari penyakit satu ini yaitu dengan cara menghindari paparan sinar matahari. Ini dikarenakan sinar matahari menjadi salah satu penyebab dari penyakit kanker kulit. Tidak menjadi masalah kalau kulit dan tubuh Anda terkena paparan sinar matahari pagi karena menyehatkan. Namun tidak untuk sinar matahari siang karena hanya akan menjadi cikal bakal terjadinya kanker kulit. Untuk itu, salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk mencegah kanker kulit adalah dengan cara menghindari paparan sinar matahari terutama siang hari. Jika Anda termasuk orang yang bekerja di lapangan, cara menghindarinya yaitu dengan menggunakan paju lengan panjang, menggunakan topi, dan menggunakan sunblock.

Menghindari menggunakan make up yang sudah kadaluarsa

Menggunakan make up merupakan salah satu solusi untuk menunjang penampilan agar terlihat lebih menarik. Akan tetapi, sudah berapa lamakan semua alat make up seperti bedak, lipstik , foundation yang ada miliki ini? Sangat penting untuk mengetahui dan mengecek tanggal kadaluarsa dari semua alat kecantikan yang Anda miliki. Jika Anda masih saja menggunakan semua alat make up yang telah kadaluarsa, ini sangat beresiko untuk kulit wajah Anda. Selain akan menimbulkan warna kulit merah dan munculnya jerawat, yang tidak kalah mengerikan lagi akibat menggunakan alat kecantikan yang sudah kadaluarsa adalah menjadi penyebab kanker kulit. Jadi, selain dengan cara menghindari paparan sinar matahari, cara lain untuk mencegah kanker kulit yaitu dengan cara tidak menggunakan make up yang sudah kadaluarsa.

Memperbanyak asupan vitamin C, D, dan E

Kulit juga butuh vitamin agar terlihat cerah. Kulit yang kekurangan vitamin, bukan hanya akan membuat kulit kusam melainkan juga terlihat kering. Jika tampilan kulit seperti ini, pastinya akan membuat Anda menjadi kurang pede apalagi ketika menggunakan pakaian yang terbuka. Selain itu,  kekurangan vitamin C, D, dan E juga bisa menyebabkan kanker kulit. Untuk itu, agar hal ini tidak terjadi dan kulit terhindar dari penyakit kanker kulit Anda harus memperbanyak asupan vitamin seperti vitamin C, D, dan E. Vitamin ini bisa didapatkan dari buah-buahan dan sayuran.

Continue Reading